Kamis, 20 Desember 2012

Lima Pemain NBA dengan Gaji Paling Tinggi

Bola basket termasuk tiga olah raga paling populer di Amerika Serikat. Tak heran jika liga profesionalnya, National Basketball Association (NBA), banyak mendapat perhatian di negara dengan ekonomi terbesar di dunia itu.

Hal ini serta-merta memancing sponsor untuk datang. Para pemainnya pun ikut menjadi pesohor dengan gaji selangit dari klub, ditambah pula dengan pendapatan dari sponsor. Berikut ini daftar lima pemain dengan gaji paling tinggi di NBA:


1. Kobe Bryant

Pendapatan: $ 53,2 juta

Gaji: $ 25,2 juta per musim

Setelah 15 tahun bergabung dengan Los Angeles Lakers, Kobe Bryant sudah mengisi rekening banknya sampai $ 196 juta. Kini, dalam kontrak terbaru dengan klubnya itu, Bryant bisa mengantongi $ 84 juta untuk tiga tahun. Ini belum termasuk dengan tambahan dari sponsor: Nike, Smart Car, Panini, Turkish Airlines dan lainnya yang mencapai US$ 28 juta.

2. Tim Duncan

Pendapatan: $ 23,3 juta

Gaji: $ 21,30 juta per musim

Tiga kali masuk dalam jajaran pemain NBA paling bernilai, membuat Tim Duncan menjadi salah satu pemain basket di NBA terbaik yang pernah ada. Pemain dengan nama asli Timothy Theodore Duncan ini ikut membawa timnya, San Antonio Spurs, empat kali menjadi juara NBA. Prestasinya sudah terlihat sejak mahasiswa, ketika mendapat tiga penghargaan yang seluruhnya pada 1997: ACC Male Athlete of the Year, John R. Wooden Award dan Naismith College Player of the Year.

3. Kevin Garnett

Pendapatan: $ 26,2 juta


Gaji: $ 21,28 juta per musim


Kevin Maurice Garnett yang dikenal dengan inisial KG bermain untuk Boston Celtics sejak 2007. Pendapatan pria berusia 36 tahun ini dari sponsor terbilang tidak besar, yaitu hanya $ 5 juta setahun. Pemain tengah jebolan SMA ini ikut membawa timnya juara NBA pada 2008. Bahkan, pemain yang sudah dua kali masuk jajaran pebasket paling bernilai itu, ikut mempersembahkan medali emas bagi negaranya pada Olimpiade 2000 di Sydney, Australia.

4. Carmelo Anthony


Pendapatan: $ 26,5 juta


Gaji: $ 18,5 juta per musim

Carmelo Kiyan Anthony yang memiliki nama kecil Melo, baru saja bergabung dengan New York Knicks untuk kontrak selama tiga tahun. Sebelumnya di Denver Nuggets, ia sudah lima kali masuk dalam daftar NBA All Star. Pendapatan dari sponsornya mencapai $ 8 juta setahun. Jika pada Olimpiade 2004 dia hanya mampu mempersembahkan medali perunggu bagi Amerika Serikat, maka di Olimpiade berikutnya di Beijing 2008, medali emas yang disumbangkannya.

5. Amar'e Carsares Stoudemire

Pendapatan: $ 26,2 juta


Gaji: $ 18,2 juta per musim


Pemain berusia 29 tahun ini satu klub dengan Carmelo Anthony. Ayah dua anak itu sudah enam kali masuk dalam daftar NBA All Star. Stoudemire mungkin termasuk unik. Ketika SMA, dia menjadi pemain basket untuk enam sekolah. Karena itu tak heran jika negara bagian Florida menganugerahinya sebagai Mr Basket Ball.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar